Gerebek Lumpur

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 triliun guna mengantisipasi banjir di Jakarta. Pria yang akrab disapa Ariza ini menuturkan, anggaran tersebut dikucurkan untuk melakukan sejumlah proyek pengendalian banjir, seperti pembebasan lahan naturalisasi hingga vertical drainase.

Saat memberikan keterangan di Balai Kota, Jakarta (19/1), Ariza memperkirakan, di hari-hari ke depan intensitas dan curah hujan akan semakin meningkat. Itulah sebabnya menurut Ariza Pemprov DKI Jakarta akan terus melanjutkan program pengerukan sungai, waduk, setu, dan embung. Selain itu juga akan dibuat drainase vertikal sumur resapan serta memperbaiki pompa guna mengalirkan air hingga ke laut.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, anggaran Rp 5 triliun untuk penanganan banjir diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanjar Daerah (APBD) 2021-2022. Ariza menyebut intensitas hujan akan tetap tinggi berapa pun besarnya anggaran yang disediakan. Itulah sebabnya ia berharap, program penanggulangan banjir tersebut tetap berjalan di tengah intensitas hujan yang saat ini mulai meningkat.

Ariza menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga meminta peran serta masyarakat dalam upaya penanggulangan banjir. Caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. Ia meminta selokan tetap dijaga kebersihannya. Selain itu Ariza meminta masyarakat aktif membuat sumur resapan.

Peran serta masyarakat diyakini bakal membantu mengatasi masalah banjir. Pasalnya banjir bukan hanya urusan Pemprov DKI Jakarta. Melainkan juga urusan semua warga Ibukota. Itulah sebabnya semua pihak harus turut andil dalam upaya pencegahan banjir. (hop)