Pasar Daging

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 18 petugas gabungan dari Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur dan Dinas KPKP DKI, Rabu (20/1), mengecek keberadaan daging sapi di lima pasar tradisional.

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan, dari lima pasar yang ditinjau hari ini petugas tidak menemukan satu pun pedagang daging sapi yang berjualan. Menurut dia, hal ini dipicu naiknya harga daging sapi dari yang semula Rp 90 ribu per kilogram kini menjadi Rp 140 hingga Rp 150 ribu per kilogram.

“Hasil tinjauan di lima pasar tradisional hari ini, tidak ditemukan pedagang daging yang berjualan. Kalau kemarin masih ada satu dua yang jualan,” kata Irma.

Untuk mengatasi kelangkaan daging sapi ini, kata Irma, pihaknya sudah koordinasi dengan Kementerian Pertanian agar harga daging bisa normal kembali. Karena jika masih tinggi, pedagang akan kesulitan menjualnya.

“Dari observasi di lapangan, kelangkaan daging sapi ini diprediksi sampai 22 atau 23 Januari mendatang. Karena informasinya pedagang tidak berjualan menunggu harganya turun kembali,” pungkasnya. (hop)