Sablon

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Rhino Indonesia Sukses kembali menggelar pelatihan sablon digital gratis bagi para Jakpreneur tahun ini.

Pelatihan sablon digital akan dihelat sebanyak 19 batch di enam Suku Dinas PPKUKM di Jakarta dan Jakarta Creative Hub. Kegiatan tersebut dimulai dari Januari hingga November 2022 dan diikuti 930 peserta.

Tahun ini, jenis pelatihan sablon digital dibagi dua yang terdiri dari Sablon Poliflex (menggunakan Poliflex untuk merekatkan cetakan) dan Sablon Sublimasi (memakai bantuan heat press).

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengapresiasi PT Rhino Indonesia Sukses yang telah berkolaborasi dalam mengembangkan potensi wirausaha industri kreatif di DKI Jakarta.

Dalam kegiatan ini, para Jakpreneur bukan hanya dilatih, namun juga diberikan alat produksi dan ruang bersama dalam mempraktikkan usaha sablon digital.

“Kolaborasi positif dari dunia usaha merupakan suatu bentuk kolaborasi modern untuk menciptakan lapangan kerja dan kemudahan investasi,” ujar Ratu, Kamis (20/1).

Ratu menilai, sablon digital merupakan salah satu bentuk industri kreatif yang memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perekonomian Jakarta. Maka dari itu, kolaborasi dengan dunia usaha ini diharapkan dapat memantik tumbuhnya geliat Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKM/IKM).

“Saya yakin dengan pelatihan ini, para Jakpreneur nantinya dapat menjadi wirausaha yang sukses,” katanya.

Selain memberikan dukungan pelatihan, PT Rhino Indonesia Sukses juga meminjamkan satu unit peralatan sablon digital yang dapat dipergunakan para Jakpreneur bersama-sama.

“Saya juga berharap alat mesin sablon digital ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperdalam hard skill yang telah didapat saat pelatihan,” tandas Ratu. (hop)