TNI

Kastara.ID, Jakarta – Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengonfirmasi telah terjadi kontak tembak antara personel Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dengan anggota anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Insiden yang terjadi pada Jumat (19/2) sekitar pukul 09.20 WIT berlokasi di Bandara Amenggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Akibat kejadian tersebut satu anggota KKB tewas. Sedangkan dari pihak TNI menurut Kamal dipastikan tidak ada korban. Saat ini aparat tengah menyelidiki identitas anggota KKB yang jenzahnya masih berada di rumah sakit.

Kamal menuturkan penyerangan terjadi saat personel Paskhas tengah bertugas  melakukan pengamanan di obyek vital. Saat itu tiba-tiba sebanyak lima hingga 10 anggota KKB melakukan penembakan di runway Bandara Ilaga.

Aparat yang tengah bertugas langsung memberikan serangan balasan. Pihak Polres Puncak Jaya juga langsung mengirimkan personel guna membantu mengamankan Bandara Ilaga. Kontak tembak sempat berlangsung selama sekitar 2,5 jam. Sebelum akhirnya anggota KKB melarikan diri ke atas bukit.

Kamal menambahkan, aparat keamanan sempat melakukan pengejaran. Saat itulah seorang anggota KKB berhasil ditembak.
Saat ini menurut Kamal, aparat keamanan gabungan TNI dan Polri masih melakukan pengejaran. Namun sudah tidak terjadi kontak senjata. (ant)