Kastara.ID, Jakarta – Satu pasien balita berusia tiga tahun, jenis kelamin laki-laki positif corona di Yogyakarta dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, kasus 01 telah dinyatakan negatif 2 kali, kondisi sehat dan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

“Pasien kasus 1 pulang kemarin (Kamis) sore, sudah diberikan edukasi dan masih dalam pemantauan oleh RSS,” jelas Berty, Jumat (20/3).

Berty menambahkan, kedua orang tua balita juga sudah diperbolehkan pulang karena sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Selanjutnya, mereka diimbau untuk melakukan isolasi mandiri dalam pengawasan rumah sakit, sehingga jika ada hal yang perlu ditanyakan, maka dapat menghubungi pihak rumah sakit. Mereka, mendapatkan edukasi untuk meningkatkan imunitas, dengan hidup sehat, tetap mengikuti imbauan pemerintah untuk membatasi diri berkumpul dan keluar rumah.

Pihaknya berharap jika pasien yang bersangkutan tak keberatan, maka tim informasi dapat segera membuat film ataupun testimoni sehingga dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat.

Dengan sembuhnya balita tersebut, maka jumlah PDP yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan data terkini ada tiga orang.

Diketahui angka ini bertambah dari sebelumnya hanya dua pasien. Pasien positif terbaru adalah laki laki berusia 50 tahun dan 60 tahun. Keduanya kini menjalani perawatan di RSUD Jogja dan RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Sementara dua pasien sebelumnya, yang dirawat di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, salah satunya, seorang guru besar di UGM, dan satu pasien lainnya, balita laki-laki berusia 3 tahun. (yan)