Junior Chamber International (JCI) Batavia

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri acara pelantikan Junior Chamber International (JCI) Batavia Tahun 2022 di The Langham Sudirman Central Bussines District 8 SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ia mengingatkan pentingnya mempersiapkan SDM berkualitas mengingat 60 persen dari total penduduk Indonesia adalah anak muda.

“Sebagai organisasi nasional pemuda non-politik dan non-sektarian, serta bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi pada PBB, semoga kegiatan JCI Batavia ini menghasilkan sesuatu yang berguna untuk jangka panjang dalam rangka menciptakan perubahan positif di seluruh dunia,” kata Wagub Ariza saat menyampaikan sambutanya (19/4).

Ia mengatakan, 60 persen dari penduduk Indonesia yang merupakan anak muda merupakan kekuatan yang harus dikelola dengan baik. Ia berharap JCI betul-betul fokus membangun SDM sehingga Indonesia bisa melakukan lompatan kemajuan, mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain.

“Kita harus mampu membalik piramida kualifikasi tenaga kerja yang saat ini mayoritas masih berpendidikan SD dan SMP menjadi tenaga kerja yang terdidik dan terampil. Seperti ketahui bersama, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran Indonesia sebesar 9,1 juta orang pada Agustus 2021. Jumlah ini naik dari 8,7 juta orang pada Februari 2021, tetapi menurun jika dibandingkam 9,8 juta orang pada periode yang sama tahun lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, kebanyakan anak muda Indonesia berwawasan global dan ingin berkolaborasi untuk berinovasi demi hidup yang lebih baik (for better life). Ia mengingatkan, Indonesia sekarang memiliki 1 decacorn dan 4 unicorn yang dimotori oleh anak-anak muda.

“Anak muda Indonesia dibentuk oleh nilai-nilai yang luhur, hidup di alam yang demokratis, familier dengan Netflix, Instagram, Facebook, dan saling aktif bertukar pikiran lintas negara. Hal ini yang menjadi fondasi nilai yang kuat dalam menjalin persahabatan masa kini dan masa depan,” tandasnya. (hop)