Piala FA 2018

Kastara.id, London – Chelsea akhirnya berhasil meraih Piala FA usai menaklukkan Manchester United (MU) dengan skor 1-0 berkat gol penalti Eden Hazard dalam laga final di Stadion Wembley, London, Sabtu (19/5).

Menjuarai Piala FA seolah menebus kegagalan tim asuhan Antonio Conte itu menembus posisi empat besar di klasemen akhir Liga Inggris untuk tampil di Liga Champions musim depan.

Sementara bagi Jose Maurinho, ini merupakan kekalahan pertamanya sebagai pelatih MU pada laga final kompetisi domestik di Inggris. Sebelumnya Mou telah memenangkan lima gelar domestik termasuk saat membawa Chelsea juara Piala FA 2006-2007.

Kemenangan Chelsea yang dicetak Eden Hazard melalui titik putih, didahului pelanggaran Phil Jones pada menit 22. Pergerakan Hazard saat menerima umpan Fabregas coba dihalau Jones yang berbuah kartu kuning dan juga tendangan 12 pas.

Gol penalti tersebut yang terjadi dalam pertandingan waktu normal di Piala FA sejak gol striker MU Ruud van Nistelrooy saat melawan Millwall pada tahun 2004.

MU sebenarnya mulai bangkit di babak kedua dengan permainan yang variatif dari pergerakan Marcus Rashford dan Ashley Young. Penampilan kiper Chelsea, Thibaut Courtois mampu menjaga kemenangan dengan menghentikan peluang-peluang berbahaya dari Rashford dan juga Valencia.

Demikian pula dengan sepakan Nemanja Matic pada pertengahan babak kedua juga mampu dimentahkan Courtois.

MU sendiri sempat menciptakan gol balasan. Namun melalui teknologi video (VAR), wasit menganulir gol MU tendangan Sanchez yang sudah dalam posisi offside saat menyambar bola sundulan Jones.

Masuknya Lukaku dan Martial menggantikan Rashford dan Lingard, sempat memberikan harapan. Martial yang mengirimkan umpan kepada Pogba yang lolos dari kawalan Giroud yang terpeleset, tidak juga menghasilkan gol pada menit 82. Sepakan keras Sanchez beberapa menit kemudian juga tidak akurat. (dwi)