Headline

Akhirnya Resolusi Evaluasi Penanganan Corona Disetujui WHO

Kastara.ID, Jakarta – Sidang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menyetujui resolusi yang meminta evaluasi secara mandiri dan menyeluruh tentang penanganan Covid-19. Sidang itu digelar sejak Senin (18/5) dan berakhir pada Selasa (19/5) melalui telekonferensi.

Resolusi tersebut juga mencantumkan evaluasi akan dilakukan pada saat yang tepat, untuk menelaah pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil dari koordinasi internasional WHO soal penanganan terhadap Covid-19.

“Mari kita beralih ke draf resolusi. Apakah Majelis Kesehatan sudah siap untuk mengadopsi draf resolusi seperti yang diusulkan? Karena saya tidak melihat permintaan apapun dari anggota, saya menganggap tidak ada yang keberatan dan dengan ini resolusi tersebut kita setujui,” kata Presiden World Health Assembly (WHA), Keva Bain, saat memimpin sidang dari Jenewa, Swiss, seperti dilansir Associated Press, Rabu (20/5).

Meski demikian, di dalam resolusi tersebut tidak merinci bagaimana, kapan, dan siapa yang akan melakukan evaluasi tersebut.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam jumpa pers mengatakan saat ini WHO masih fokus menghadapi pandemi dengan mengerahkan seluruh kemampuan.

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi resolusi yang diajukan sejumlah negara Afrika, Eropa dan lainnya untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penanganan pandemi virus corona.

Tedros menyatakan Komisi Pemantau dan Penasihat Independen WHO sudah menerbitkan laporan soal penanganan pandemi virus corona setebal 11 halaman. Di dalamnya berisi rekomendasi terhadap sekretariat dan para negara anggota. (har)

Leave a Comment

Recent Posts

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…