Kastara.ID, Jayapura – Pererat kebersamaan bantu mengatasi kesulitan warga perbatasan, Satgas Yonif Raider 509/Kostrad memperbaiki rumah warga Kampung Kalimao.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 509/Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (20/5).

Diungkapkan Dansatgas, perbaikan rumah warga milik Edison Dambo (36) di Distrik Waris ini dipimpin Kopda Yohanes bersama lima orang anggota dibantu warga pada Ahad (17/5).

“Diharapkan dengan perbaikan ini, Edison Dambo beserta keluarganya dapat tinggal di rumah yang lebih representatif dan lebih nyaman,” ujarnya.

“Selain itu, semoga kehadiran kita (Satgas) dapat dirasakan, terutama dalam membantu mengatasi kesulitan warga,” lanjut Wira Muharromah.

Lebih lanjut dikatakan, bantu kesulitan rakyat merupakan cara untuk membuat hubungan lebih dekat dengan warga di sekitar Pos. “Dan salah satunya melalui perbaikan rumah warga yang membutuhkan ini, kita ingin berbagi sekaligus menjalin hubungan yang lebih erat,” imbuhnya.

Menurutnya, keberadaan Satgas selain pengamanan terhadap perbatasan RI-PNG, juga melakukan pembinaan teritorial, untuk membantu mengatasi permasalahan sosial dan kesulitan masyarakat di perbatasan.

“Kita juga melaksanakan pembinaan teritorial, berkoordinasi dan bekerjasama dengan Satkowil serta instansi terkait setempat,” tandas Wira Muharromah.

Di tempat terpisah, Danpos Kalimao Letda Inf Wanianto mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Satgas terhadap kesulitan rakyat di sekitar, sekaligus sebagai upaya membangun kebersamaan.

“Kebersamaan inilah yang ingin kami bangun bersama warga, sehingga dalam suasana apapun kami akan saling membantu dan saling melindungi dari keadaan yang kurang menguntungkan sekalipun,” tuturnya.

Sementara itu, Edison Dambo mengucapkan terima kasih dan menyampaikan rasa senang dan bangganya kepada anggota Satgas yang telah membantunya memperbaiki rumahnya.

“Terima kasih Bapak TNI atas bantuannya, kami begitu senang atas kehadiran Satgas, dan kami anggap sudah seperti satu keluarga sendiri,” pungkasnya. (wepe)