Saka Bakti Husada Depok

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, Gerakan Serentak (Gertak) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Depok Sehat, Indonesia Kuat (Kode Hatiku) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat diimplementasikan oleh masyarakat luas, termasuk anggota Saka Bakti Husada. Tentunya melalui perannya sebagai kader pembangunan di bidang kesehatan.

“Kami ingin Saka Bakti Husada ini dapat menjadi salah satu aktor penggerak pembangunan kesehatan dalam membudayakan Germas untuk pencapaian masyarakat yang sehat, bugar, dan produktif,” tutur Mohammad Idris saat menghadiri Sosialisasi Gertak Germas Kode Hatiku di Aula Gedung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Depok, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Rabu (20/7).

Dikatakan Mohammad Idris, Saka Bakti Husada dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui enam krida. Yaitu krida bina keluarga, krida bina lingkungan sehat, krida penanggulangan penyakit, krida bina gizi, krida bina obat, dan krida bina perilaku hidup bersih dan sehat.

Kemudian kebiasaan pada Germas tersebut dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Juga selanjutnya dapat mengembangkan kewirausahaan.

Dalam hal ini, Mohammad Idris menjelaskan tiga kegiatan Germas yang dapat dilakukan. Seperti, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari serta mengonsumsi buah dan sayur.

“Juga dengan memeriksakan kesehatan secara rutin untuk mengetahui tingkat kesehatannya,” pungkasnya. (dha)