Pramuka

Kastara.ID, Depok – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Depok, Nina Suzana menyatakan, pihaknya siap menjalankan program Gerakan Serentak (Gertak) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Depok Sehat, Indonesia Kuat (Kode Hatiku) dan Perilaku Hidup Sehat (PHBS). Kegiatan tersebut nantinya akan dilakukan melalui Saka Bakti Husada yang memiliki peran besar sebagai kader pembangunan di bidang kesehatan.

“Sebagai mitra pemerintah, kami akan melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat melalui peran Saka Bakti Husada,” tutur Kak Nina, sapaannya, usai mengikuti acara Sosialisasi Gertak Germas Kode Hatiku di Aula Gedung Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Depok, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Rabu (20/7).

Lebih lanjut, ujar Kak Nina, pihaknya kerap dilibatkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Puskesmas setempat dalam berbagai kegiatan. Baik sosialisasi, kegiatan bencana, maupun sosialisasi lainnya.

Dikatakannya, lewat peranannya, Saka Bakti Husada akan membantu pemerintah untuk memberikan informasi terkait makanan yang bergizi, pola hidup sehat di tempat tinggal maupun lingkungan sekitar. Serta kebiasaan olahraga kepada masyarakat.

“Dengan harapan mereka dapat menjadi mandiri, menjaga kesehatan diri sendiri. Kemudian dapat berperan dalam keluarga dan lingkungan sekitar untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kota Depok,” pungkasnya. (dha)