Kampung Silat Petukangan

Kastara.ID, Jakarta – Kampung Silat Petukangan kembali akan menggelar Gebyar Beksi Kampung Ulujami di Jalan Rohimin, RT 19/03, Ulujami, Pesanggarahan, Jakarta Selatan pada akhir pekan ini, tepatnya Ahad (23/2).

Humas Kampung Silat Petukangan Ridho mengatakan, Gebyar Beksi Kampung Ulujami akan dimulai dari pukul 08.00 hingga selesai. Rencananya, kegiatan ini dimeriahkan atraksi dari 1.000 pesilat aliran Beksi, pertunjukan lenong dan musik gambang kromong.

“Selain rutin latihan di masing-masing perguruan, kita juga sering adakan Gebyar Silat Beksi di setiap acara milad perguruan,” ujar Ridho (20/2).

Ridho menuturkan, kegiatan ini dihelat untuk melestarikan keberadaan Silat Beksi yang merupakan ilmu bela diri asli Betawi. Di wilayah Petukangan, silat ini telah berdiri sejak 1913 dan pertama kali diperkenalkan seorang pesilat bernama H. Gozali yang merupakan murid dari Ki Marhali.

“Perguruan Silat Beksi saat ini sudah menyebar di wilayah Jakarta dengan membawa 12 jurus dasar seperti Beksi, Gedig, dan Tancep. Kita berupaya pertahanankan supaya tidak punah,” tandasnya. (hop)