CEV Moto2 Junior

Kastara.ID, Jakarta – Tahun 2021 ini menjadi salah satu musim kebangkitan untuk balap motor Indonesia, karena tim Mandalika Racing akhirnya bekerja sama dengan salah satu tim di kelas Moto2.

Mereka kemudian memperkenalkan diri sebagai Pertamina Mandalika SAG Team, yang diperkuat oleh Thomas Luthi (Swiss) dan Bo Bendsneyder (Belanda).

Harapan penggemar Indonesia adalah ingin melihat pembalap Indonesia tampil di Moto2 tahun ini dengan tim tersebut.

Sebenarnya keinginan ini juga yang mendorong Mandalika Racing untuk meramaikan Moto2, dengan mengajukan nama pembalap Depok, Dimas Ekky Pratama, sebagai salah satu pembalap mereka.

Sayangnya, hal ini tak mendapat izin dari penyelenggara Dorna Sports yang melarang Dimas tampil di Moto2 2021 lantaran telah absen terlalu lama, yakni semusim peluh sepanjang 2020 kemarin.

Karena itu Dorna merekomendasikan Dimas turun di CEV Moto2 junior terlebih dahulu, agar ke depannya punya peluang bagus dan pesiapan matang di kelas Moto2 GP.

“Kita sebenarnya idealnya harus ada Dimas Ekky di situ. Itu niat awal kita. Tapi ternyata niat saja tidak cukup, karena kita harus melalui sebuah aturan, yaitu dari pihak Dorna. Jadi mereka yang menentukan pembalap itu layak atau tidak di arena tersebut, di Moto2,” papar Direktur MRTI Kemalsyah Nasution seperti dilansir detikOto.

Pihak Mandalika Racing sebenarnya sudah mengajukan nama Dimas, sayangnya tidak lolos.

“Kita sudah ajukan atau proses masuk Dimas ke Dorna, tapi ternyata pihak Dorna menimbang bahwa Dimas saat ini belum di Moto2 dikarenakan dia sudah satu tahun absen dan di tahun 2019 dia juga tidak mengikuti musim penuh (Moto2 bersama Honda Team Asia, banyak absen karena cedera berkepanjangan). Jadi Dorna menganggap, Dimas harus mengasah ilmunya lagi. Maka itu, Dorna menganjurkan Dimas masuk ke CEV Moto2. Jadi CEV Moto2 itu balap Moto2, kapasitas mesinnya sama, hanya di wilayah Eropa, sekitar 8 seri,” imbuh Kemal.

Dan jika Dimas berhasil dengan performa bagus di CEV, baru dipertimbangan kemungkinan ikut lagi di Moto2, termasuk peluang wild card musim ini. (tra)