KKB Papua

Kastara.ID, Jakarta – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan penyerangan dan pembakaran terhadap sejumlah rumah warga dan fasilitas pemerintahan yang berada di wilayah Distrik Omukia dan Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Kelompok tersebut menembaki aparat gabungan TNI-Polri saat sedangĀ  melakukan evakuasi menuju ke Bandara Aminggura, Papua.

“Setibanya di Bandara, personil gabungan TNI-Polri ditembaki oleh KKB dari atas bukit, dan personil langsung membalas tembakan yang dilakukan oleh KKB tersebut,” kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2022, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Senin (21/2).

Dikatakan Kamal, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.20 WIT saat aparat kepolisian mendapat informasi terkait KKB yang membakar dua unit rumah atau honai milik warga di kampung Nipuralame, Distrik Ilaga.

Polisi kemudian menuju lokasi namun di sepanjang proses pengamanan itu, aparat mendapat gangguan tembakan.

“Saat ini personil gabungan Satgas Damai Cartenz, Polres, Polsek dan Koramil masih bertahan di Areal Tower, mengevakuasi masyarakat yang berada di sekitar SD dan SMP Kago,” sambungnya.

Di sisi lain, aksi penembakan juga turut terjadi di sekitar kantor Koramil sekitar pukul 12.45 WIT. KKB menembaki markas TNI dari arah pinggir jalan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Kamal menyebut aparat TNI-Polri baru berhasil menguasai sekitar kawasan tersebut pada pukul 13.40 WIT. KKB disebut telah mundur ke arah Kampung Eromaga.

“Untuk diketahui bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata di Kabupaten Puncak, terbagi menjadi tiga tempat, yaitu di Areal Bandara Aminggaru, Nipuraleme, dan Jalan Pingli,” tukasnya. (ant)