Kaatara.id. Jakarta, Ketua MPR RI Zulkifli mengajak seluruh rakyat Indonesia menghentikan silang pendapat soal Pancasila atau anti Pancasila. Dari pada energi bangsa Indonesia habis untuk berdebat, lebih baik berusaha menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ajakan tersebut disampaikan Ketua MPR ketika memberikan sambutan pada Peringatan Haul Bung Karno ke 47 dan Peluncuran Buku Bung Karno, Islam dan Pancasila” yang berlangsung di Gedung Nusantara IV, Rabu (21/6).

Ikut hadir pada acara tersebut Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua MK Arief Hidayat, Menkumham Yasona H. Laoly, Menteri Koordinator Pembangunan dan Pemberdayaan Perempuan Puan Maharani, serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Sila kelima, kata Ketua MPR, tidak mentolerir adanya orang miskin di negara Pancasila. Tapi nyatanya, kemiskinan itu masih gampang ditemukan di Indonesia. Karena itu perlu perjuangan lebih keras agar terwujud cita-cita Pancasila, dan tidak sedikitpun berpikir untuk mundur.

“Harus ada jalan bagi memakmurkan rakyat, karena kalau kesejahteraan itu tidak merata, maka cerita tentang Indonesia bisa berakhir,” kata Zulkifli menambahkan.

Pada kesempatan itu, Ketua MPR tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Bung Karno, seraya berdoa semoga Allah menempatkannya di surga. Terima kasih itu disampaikan, kata Zulkifli, karena adanya hari ini, ditentukan oleh perjuangan masa lalu. (arya)