Suhu Tubuh

Kastara.ID, Jakarta – Baru-baru ini warganet dikejutkan dengan kabar yang menyebutkan penggunaan thermo gun bisa membahayakan bahkan merusak otak. Pasalnya alat pendeteksi suhu tubuh itu bekerja menggunakan sinar laser. Warganet menjadi khawatir lantaran alat thermo gun saat ini digunakan di hampir semua tempat. Hal ini sebagai bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM menyatakan informasi tersebut tidak benar. Saat memberikan keterangan (20/7), dr Aru menyebut alat thermo gun tidak bekerja menggunakan sinar laser melainkan inframerah. Itulah sebabnya alat ini aman, termasuk ketika digunakan pada kepala atau kening orang.

Pendapat serupa juga diungkapkan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP. Menurutnya, thermo gun aman gunakan lantaran sudah melalui uji kesehatan. Sehingga penggunaan thermo gun sudah melalui berbagai perhitungan.

Saat memberikan keterangan (20/7), dr Ari menjelaskan alat thermo gun tidak memancarkan radiasi seperti sinar-X. Itulah sebabnya alat yang menjadi sangat populer sejak virus corona mewabah ini tidak berpengaruh pada sistem saraf. Themo gun menurut guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI RS Cipto Mangunkusumo ini bekerja menggunakan inframerah yang juga aman bagi retina mata.

Sebelumnya, ekonom Ichsanuddin Noorsy mengatakan alat thermo gun berbahaya bagi otak manusia. Pasalnya alat yang digunakan untuk memeriksa suhu tubuh itu bekerja menggunakan sinar laser. Ketika ditembakkan ke kepala atau kening, alat tersebut akan membuat otak dan saraf rusak.

Saat berbicara di akun Youtube Helmy Yahya Bicara (20/7), Ichsanuddin mengaku tidak pernah bersedia ditembak dengan thermo gun. Terlebih menurutnya, thermo gun sejatinya digunakan untuk memeriksa suhu barang, seperti kabel panas. Artinya, menurut Ichsanuddin, alat tersebut sebenarnya bukan digunakan untuk manusia. (ant)