ASN

Kastara.ID, Depok – Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok telah melaksanakan Intenalisasi Budaya Kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang bekerja sama dengan SCB International Consulting. Kegiatan yang dilaksanakan pada 13-14 Juli kemarin digelar secara virtual, melibatkan seluruh Perangkat Daerah (PD) dan lurah se-Kota Depok.

Kepala Sub Bagian Kelembagaan dan Pengembangan Budaya Kerja Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Kota Depok, Syarif Hidayat mengatakan, saat ini Pemkot Depok telah memiliki budaya kerja untuk seluruh Aparatur Sipil Negera (ASN) Depok yaitu bersahabat. Hal itu tercantum dalam Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 27 Tahun 2019 tentang Budaya Kerja.

“Ini sebagai landasan dan acuan bagi PD dalam melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja aparatur di lingkup Pemkot Depok,” tuturnya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (21/7).

Syarif menuturkan, berdasarkan Perwal Kota Depok Nomor 27 Tahun 2019 tentang Budaya Kerja, Filosofi yang Mendasari Pembangunan Daerah Kota Depok adalah Paricara Dharma yang merupakan cita-cita luhur untuk mewujudkan tata nilai kehidupan masyarakat Depok berdasarkan budaya.

Dikatakannya, melalui filosofi tersebut, munculah budaya kerja ASN Kota Depok yaitu bersahabat. Adapun ada dua makna yang terkandung pada budaya kerja tersebut. Pertama berperilaku sebagai teman dan membantu. Juga bersikap terbuka menyenangkan dalam relasi sosial, serta cenderung merangkul atau mendukung, dan tidak bersikap antagonis.

“Kedua, dimaknai dengan falsafah perilaku yang terdiri dari berbagi dan berkolaborasi, santun dan berbudi luhur, halus dan lemah lembut dalam bertutur kata. Serta membatasi diri dengan tidak melakukan penyimpangan,” tandasnya. (dha)