Toyota Crown

Kastara.ID, Jakarta – Susunan kabinet jilid 2 pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru akan dilumumkan pada Oktober, namun fasilitas mobil dinas untuk para menteri sudah disiapkan. Pemerintah mengalokasikan anggaran lebih dari Rp 147 miliar untuk menggelindingkan roda kendaraan itu di jalan.

Berdasarkan laman resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Rabu (21/8), pemerintah telah selesai melakukan lelang Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri. Pengadaan ini dimulai 19 Maret 2019. Sayangnya tidak ada keterangan spesifikasi kendaraan dan mereknya.

Lelang tender ini menggunakan sistem Pascakualifikasi Satu File Harga Terendah Sistem Gugur. Pemenang lelang ditentukan dengan harga terendah yang memiliki kelengkapan administrasi dan teknis.

Pemerintah mengalokasikan dana Rp 152,54 miliar dalam APBN. Sedikitnya 41 peserta ikut dalam proses lelang tersebut dan hanya empat peserta lelang yang memenuhi kualifikasi administrasi, yakni PT Agung Automall, PT New Ratna Motor, PT Hadji Kalla, dan PT Astra International Tbk-Tso.

PT Astra International Tbk-Tso keluar sebagai pemenang lelang dengan harga Rp 147,223 miliar. Berdasarkan laman LPSE, semua tahapan lelang tender sudah dilewati oleh PT Astra, dari pembuktian kualifikasi hingga penandatanganan kontrak. (rya)