Kastara.id, Padang – Belum genap seminggu diangkat menjadi Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar telah melakukan kunjungan ke dua kampus negeri di Padang, Sumatera Barat. Kehadiran Arcandra di Padang adalah untuk memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kuliah umum yang diberikan Arcandra di Universitas Andalas bertema “Kebijakan Strategis Industri Migas Indonesia: Perspektif Ekonomi dan Teknologi” yang berlangsung pada Kamis (20/10) siang. Arcandra memasuki convention hall Unand diiringi sambutan meriah oleh para peserta kuliah umum yang mayoritas adalah mahasiswa Unand.

“Kita ucapkan selamat datang kepada Pak Wamen, dan inilah yang kita tunggu. Kita sudah mencoba mengontak beliau sejak lama. Walaupun kemarin hampir batal, Alhamdulillah beliau menyempatkan untuk datang pada hari ini,” kata Rektor Unand Tafnil Husni.

Arcandra Tahar memberikan kuliah umum selama satu jam dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Salah seorang mahasiswa mengajukan pertanyaan dan meminta Arcandra menjawab menggunakan Bahasa Minang. Arcandra tampak kikuk ketika akan menjawab, karena tidak bisa menjelaskan hal teknis tentang migas menggunakan Bahasa Minang.

Ampun ambo, term-nya banyak yang nda cocok, nda masuk, kosa katanya. Boleh nda ambo minta maaf ? Pakai Bahasa Indonesialah. Tapi tolong, ambo tetap dianggap sebagai orang Minang,” ujar Arcandra diiringi tawa peserta kuliah umum.

Sebelum meninggalkan acara, para mahasiswa banyak yang meminta foto bersama dengan Wamen ESDM, yang notabene-nya adalah orang Minang. (nad)