Sekolah Ramah Bersepeda

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan menambah Sekolah Ramah Bersepeda sebagaimana di SD Negeri Gandaria Selatan 01, Cilandak, Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefulloh Hidayat mengatakan, saat ini SD Negeri Gandaria Selatan 01 telah ditetapkan sebagai pilot project Sekolah Ramah Bersepeda oleh Institute for Transportation & Development Policy (ITDP).

“SD Negeri 01 Gandaria Selatan dipilih karena inisiatif pihak sekolah untuk menumbuhkan budaya bersepeda dan mengedukasi penggunaan angkutan publik sejak usia dini,” ujarnya, Kamis (21/110.

Menurut Syaefullah, sejumlah fasilitas yang sudah disediakan untuk menunjang Sekolah Ramah Bersepeda di SD Negeri 01 Gandaria Selatan di antaranya, sarana parkir sepeda hingga jalur sepeda dari depan sekolah sampai ke Jalan Raya Fatmawati tepat di depan Stasiun MRT Cipete Raya.

“ITDP melakukan pengamatan selama beberapa hari mengenai frekuensi penggunaan sepeda dan jumlah peserta didik yang menggunakan sepeda cukup banyak,” terangnya.

Menurutnya, sekolah-sekolah di sepanjang Jalan Raya Fatmawati hingga Jalan Panglima Polim Raya yang berdekatan dengan stasiun MRT akan didorong untuk menerapkan Sekolah Ramah Bersepeda.

Terlebih, mayoritas lahan sekolah sudah dapat digunakan untuk kawasan parkir sepeda yang aman dan dapat memancing minat anak untuk bersepeda ke sekolah.

“Semua sudah menyediakan tempat parkir khusus sepeda di sekolah. Sehingga, komunitas di sekolah akan merasa aman membawa sepeda untuk ke sekolah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, optimalisasi sepeda sebagai sarana transportasi juga merupakan bentuk implementasi Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

“Kami ingin berkontribusi mengajak dan memfasilitasi masyarakat, khusunya di lingkup Dinas Pendidikan untuk beralih menggunakan angkutan publik maupun sarana transportasi ramah lingkungan,” tandasnya. (hop)