COVID-19

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok akan melibatkan Forum Generasi Berencana (GenRe) guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19. Kegiatan edukasi dilakukan secara online dan offline.

Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari menuturkan, para remaja yang tergabung dalam Forum GenRe dapat memanfaatkan media sosial (medsos) untuk memberikan edukasi tentang kesehatan. Menurutnya, forum ini harus dapat menjadi garda terdepan dalam membantu Pemkot Depok mensosialisasikan pencegahan Covid-19.

“Mereka dapat melakukan sosialisasi menyasar para remaja, minimal di wilayah masing-masing untuk taat protokol kesehatan (prokes) dan berprilaku hidup sehat. Remaja Depok harus sehat dan jadi agen perubahan prilaku di lingkungannya,” tuturnya yang dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (22/2).

Di tempat yang berbeda, Ketua Forum GenRe Kota Depok, Ndaru Luriadi menyebut, pihaknya akan membantu Pemkot Depok mengawasi masyarakat yang tidak taat terhadap prokes. Pihaknya juga bakal membagikan masker gratis kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Ndaru mengakui, saat ini media sosial merupakan sarana yang tepat untuk sosialisasi. Apalagi karakteristik remaja masa kini yang menggandrungi medsos sebagai kebutuhan sehari-hari.

“Kami punya peran besar di medsos untuk ajar mereka cegah Covid-19 secara massif mungkin dengan membuat konten menarik,” pungkasnya. (dha)