Sonar

Kastara.ID, Jakarta – Empat unit kapal baru milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta siap melayani rute Pelabuhan Kali Adem-Kepulauan Seribu maupun sebaliknya.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan (UP AP) Dishub DKI Jakarta, Hendrico Tampubolon mengatakan, empat kapal baru tersebut bernama Kapal Sonar 1, Kapal Sonar 2, Kapal Sonar 3, dan Kapal Sonar 4. Masing-masing kapal tersebut memiliki kapasitas 50 penumpang.

“Kapal sudah siap dan berada di Dermaga Kali Adem. Untuk operasional layanan penumpang kami masih menunggu kebijakan Dishub DKI Jakarta, terutama terkait masih ditetapkannya status PPKM Level 3 di DKI Jakarta,” ujar Hendrico, Selasa (22/2).

Menurutnya, untuk tarif kapal ini sesuai dengan Perda No 1 Tahun 2015 yaitu Rp 44 ribu per 20 mil. Untuk zona 1 Rp 40 ribu jarak dekat, zona 2 Rp 50 ribu jarak sedang dan zona 3 Rp 70 ribu untuk jarak terjauh. Namun, sambung Hendrico, karena saat ini masih pandemi COVID-19 maka tarif berlaku hanya 50 persen dari tarif hari biasa.

Hendrico berharap, dengan penambahan empat kapal baru ini, maka total sudah ada 10 kapal yang saat ini melayani transportasi menuju Kepulauan Seribu maupun sebaliknya.

“Semoga kehadiran kapal baru ini dapat lebih menunjang mobilitas masyarakat dan pelayanan publik serta mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, pendidikan dan pariwisata,” tandasnya. (hop))