Sistim Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK)

Kastara.ID, Depok – Melihat pesatnya pertumbuhan penduduk di Kota Depok, kebutuhan akan penyediaan jalan, betonisasi, perbaikan dan pemeliharaan jalan serta pembangunan jembatan dan pekerjaan konstruksi, sangat dibutuhkan. Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok berupaya menciptakan tenaga yang terampil, agar pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Kami memerlukan tenaga-tenaga konstruksi yang terampil, yang dapat bekerja dengan cekatan dan menghasilkan pekerjaan berkualitas serta dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Konstruksi Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) di Sasono Mulyo, Kalimulya, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (22/3).

Pelatihan ini, lanjutnya, dirasa perlu untuk meningkatkan pengetahuan pekerja konstruksi terkait pentingnya keselamatan dan kesehatan dalam bekerja.

“Jika tidak terampil, misalnya dalam membangun turap atau penambalan jalan, masyarakat akan komplain, sehingga berpengaruh kepada kinerja DPUPR,” ucapnya.

Citra berharap, pelatihan tenaga konstruksi ini bisa memberi kepercayaan. Baik untuk diri sendiri dalam setiap pekerjaan, maupun memberi kepercayaan bagi masyarakat.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meyakinkan masyarakat bahwa pekerjaan yang dihasilkan nanti, tidak diragukan lagi,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dilaksanakan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Di dalamnya menerangkan bahwa, dalam setiap penyelenggaraan jasa konstruksi, pengguna jasa dan penyedia jasa wajib memenuhi standar keamanan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan.

Adapun peserta terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Badan Unit Pengadaan Barang/Jasa Kota Depok. (dha)