Jakarta Fire and Rescue Skill Competition Tahun 2022

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menggelar Jakarta Fire and Rescue Skill Competition Tahun 2022 di halaman belakang kantor Pusdiklatkar, Ciracas, Jakarta Timur.

Kompetisi yang dimulai dari 21-25 Maret 2022 ini diikuti 924 peserta dari 44 sektor pemadam kebakaran di lima kota DKI Jakarta.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, tujuan diadakannya kompetisi ini untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi petugas pemadam. Selain itu untuk pembinaan keterampilan petugas dalam upaya pemadaman, penyelamatan serta keterampilan penggunaan peralatan dan teknik operasional.

“Jakarta Fire and Rescue Skill Competition diharapkan dapat mewujudkan terciptanya petugas pemadam kebakaran yang terlatih, terampil, dan kerja sama tim,” ujarnya, Selasa (22/3).

Ia menjelaskan, dalam kompetisi tersebut, ada beberapa jenis keahlian yang akan dilombakan seperti Incident Command System (ICS), pemadaman kebakaran dan penyelamatan dengan mengunakan tangga manual, water rescue, yel terbaik dan terkompak.

Adapun penilaian dalam kompetisi ini meliputi kecakapan komandan insiden memimpin operasi pemadaman dan penyelamatan, kerapihan anggota, pengoperasian pompa portabel, P3K, pembuatan jalur evakuasi korban di ketinggian dan waktu perlombaan.

Satriadi menambahkan, meski sarat persaingan, kompetisi ini justru menjadi penyemangat jajaran petugas pemadam untuk meningkatkan keahliannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga Jakarta.

“Momentum ini bisa menjadi motivasi petugas untuk terus meningkatkan dedikasi dan profesionalisme serta membuktikan mereka mampu dan punya keahlian yang mumpuni di bidangnya,” tandasnya. (hop)