Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak warga untuk tetap meningkatkan semangat bela negara dan tanah air meski di tengah situasi pandemi.

Ajakan tersebut disampaikan Ariza saat menghadiri kegiatan Apel Gabungan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari di Lapangan Apel Dispotmaral, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

“Kita harus terus berupaya meningkatkan semangat bela negara dan cinta tanah air demi menjaga NKRI. Salah satunya melalui program pembinaan Saka Bahari Dispotmar Angkatan Laut Tahun 2022 ini,” katanya di lokasi, Selasa (22/3).

Ariza juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Dispotmar Angkatan Laut atas dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan Saka Bahari tingkat nasional serta mendorong upaya meningkatkan semangat bela negara.

Sebagai organisasi pendidikan non-formal yang unggul bagi kaum muda, Pramuka dituntut terus melahirkan generasi-generasi baru yang memiliki karakter, kecakapan, semangat bela negara dan kerelawanan melalui penyiapan infrastruktur minimum berkelanjutan.

“Para pimpinan dan anggota Saka Bahari harus memiliki sikap siap sedia sebagaimana diajarkan Lord Baden Powell, Bapak Pramuka Dunia dalam buku referensialnya Scouting for Boys,” ungkap Ariza.

Ariza mengutarakan, sikap siap sedia mengandung arti harus mengerjakan kewajiban secara suka rela untuk hal bermanfaat dan membantu orang lain. Nilai-nilail luhur yang dianut Pramuka ini dinilai sangat menarik untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

“Harapannya dengan begitu, di jiwa para pimpinan dan anggota Saka Bahari tertanam rasa cinta terhadap tanah air, rela berkorban dan membela negara ketika mendapat ancaman dari dalam maupun luar,” tandasnya. (hop)