Pangan

Kastara.ID, Jakarta – Upaya mewujudkan ketahanan pangan di tengah merebaknya wabah COVID-19, terus dilakukan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu. Salah satu caranya dengan memberdayakan kaum ibu yang tergabung dalam kelompok Wanita Tani.

Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Sudin KPKP Kepulauan Seribu Parsan mengatakan, pihaknya terus melakukan penyuluhan kepada kelompok Wanita Tani dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Dulu kami lakukan  penyuluhan langsung ke lokasi, sekarang penyuluhan dilakukan melalui WhatsApp (WA),” ujar Parsan, Rabu (22/4).

Dijelaskan Parsan, kelompok Wanita Tani di Kepulauan Seribu merupakan kader PKK atau pengelola RPTRA  Selama ini mereka aktif menekuni pertanian perkotaan dengan memanfaatkan lahan perkarangan.

“Jika dilakukan dengan tekun, kegiatan pertanian perkotaan bisa menjadi ketahanan pangan di Kepulauan Seribu,” katanya.

Menurutnya, pemanfaatan lahan pekarangan dilakukan melalui metode langsung maupun dengan cara hidroponik untuk sayuran daun dan buah-buahan. Selama ini, hasil dari pemanfaatan lahan perkarangan ini dimanfaatkan anggota kelompok tani untuk memenuhi kebutuhan sayuran bagi keluarga.

“Kita juga sedang galakkan penanaman sayuran daun dan buah di lahan kosong Pulau Tidung Kecil, Pulau Payung dan Pulau Karya” tandas Parsan. (hop)