Headline

KPU Siapkan Tim Khusus Tangani Hoaks

Kastara.ID, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  RI akan membentuk tim khusus untuk menangani hoaks atau berita bohong dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Ya kita usulkan, kita bisa membentuk tim atau kelompok kerja yang isinya lintas lembaga,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/8).

Menurut Arief, tim itu nantinya bisa diisi oleh penyelenggara pemilu, yaitu KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), aparat keamanan, dan kementerian atau lembaga terkait seperti Polri, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Intelijen Negara (BIN), hingga Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Selain itu tim juga bisa diisi lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pegiat media sosial, hingga ahli siber.

KPU juga sudah menggelar focus group discussion (FGD) untuk memetakan hoaks berkaca pada pelaksanaan pemilu 2019 yang lalu. “Banyak diperbincangkan adalah persebaran hoaks, kita diskusikan kenapa itu terjadi, bagaimana mengatasinya, lalu apa yang dipersiapkan agar hoaks tidak terjadi lagi,” paparnya.

Sedangkan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan menambahkan, tim yang akan dibentuk ini nantinya juga akan diberi tugas untuk mengedukasi pemilih. KPU ingin masyarakat pemilih menumbuhkan daya kritisnya agar tak mudah termakan hoaks.

Selain membentuk tim yang khusus menangani hoaks, KPU juga berencana akan memberikan edukasi melalui media sosial (medsos). “KPU punya program besar pendidikan pemilih. Salah satunya kita akan memanfaatkan medsos untuk melakukan pendidikan pemilih. Menumbuhkan kembali kesadaran kritis masyarakat, khususnya masyarakat pemilih. Kegiatan seperti ini, akan kita lakukan bersama KPU kabupaten/kota se-Indonesia,” katanya. (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…

Idris – Imam Sabet Penghargaan DPD PKS Terbanyak Raih Kursi DPRD Se Jabar

Kastara.Id,Bandung  - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) memberikan penghargaan ke DPD PKS…