Katana

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, hari ini menggelar sosialisasi Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana (Katana). Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada perwakilan unsur masyarakat agar menjadi warga yang tanggap bencana.

Lurah Serua, Sanudin AR mengatakan warga diharapkan bisa menjadi kader tanggap bencana di lingkungan masing-masing. Yakni dengan melakukan penanggulangan setelah terjadi bencana.

“Jadi saat ada bencana warga menjadi elemen utama sebelum petugas datang ke lokasi kejadian,” katanya sebagaimana dimuat laman resmi Pemkot Depok, Senin (22/11).

Sanudin menjelaskan, sosialisasi Katana diikuti oleh 50 peserta terdiri dari para ketua RT-RW, kader PKK dan Karang Taruna (Katar). Dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok.

Dia pun ingin Katana Kelurahan Serua yang nanti akan dibentuk bisa menjadi wadah dalam mengantisipasi segala hal terkait bencana. Dengan begitu, tidak ada yang saling mengandalkan antar warga maupun lingkungan.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Penyuluhan dan Peran Serta Masyarakat pada Bidang Pencegahan, Penyuluhan dan Peran Serta Masyarakat Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Syarief Hidayat menambahkan kehadiran Katana di wilayah dapat mengurangi  dampak risiko yang disebabkan bencana sekitar 30 hingga 60 persen.

Sedangkan cara kerjanya membuat perencanaan dalam menghadapi bencana, sebelum bencana terjadi. Di antaranya melakukan mitigasi serta mencatat titik-titik yang rawan, saat terjadi bencana, membantu mendampingi dan menenangkan warga yang terdampak hingga paska bencana yaitu memberikan bantuan yang dibutuhkan korban.

“Rencananya akan dibentuk pada tahun 2022 karena saat ini kami masih fokus pada sosialisasinya dulu ke masyarakat,” tutupnya. (dha)