Vaksinasi

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyebut saat ini vaksinasi terhadap anak-anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 1 juta penyuntikan.

Apresiasi cepatnya penyuntikan vaksinasi Covid-19 tersebut disampaikan Jokowi saat berpidato di Pembukaan Muktamar ke-34 Nadhlatul Ulama (NU), yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/12).

“Hari ini telah disuntikkan kepada anak-anak 6 sampai 11 tahun sudah 1 juta. Sudah kecepatannya sangat bagus sekali. Ahamdulilah,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi juga mengatakan secara keseluruhan sudah 263 juta dosis vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat.

Di hadapan peserta Muktamar, Jokowi menyampaikan distribusi vaksin Covid-19 di Indonesia sangatlah rumit, sebab petugas harus melewati jalan yang cukup sulit.

“Bapak kiai bisa membayangkan menyuntikkan kepada 263 juta kali suntikan. Itu sebuah pekerjaan yang sangat rumit, sangat kompleks. Belum membawa vaksinnya ke tempat-tempat yang sangat sulit di atas gunung, ke pulau-pulau kecil dengan membawa perahu, dengan naik sepeda motor, membawa boks untuk pendingin vaksin,” jelasnya.

Dari total 263 juta dosis vaksin yang sudah disuntikan, sebanyak 73,9 persen merupakan dosis pertama. Sementara penyuntikan vaksin dosis kedua mencapai 51,8 persen.

“Kita harapkan segera bisa mencapai 70 persen untuk mengejar agar Covid ini tidak menyebar ke mana-mana lagi,” harap Jokowi. (ant)