Halim PK

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, pemerintah Indonesia tak ingin melarang rakyat Indonesia beraktivitas dengan menerapkan pembatasan wilayah alias lockdown dalam melawan wabah corona (Covid-19). Hal tersebut dinyatakan sebab Indonesia tidak ingi otoriter.

“Ini kita tidak mau otoriter. Banyak negara lain sangat keras. Indonesia ini ingin kesadaran, self protection harus kita laksanakan,” ujar Prabowo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/2).

Prabowo mengatakan, Indonesia memiliki rakyat dan kondisi yang berbeda dengan negara lain. Oleh karena itu, kata Prabowo, kesadaran warga akan sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi dan menekan penularan Covid-19.

Diketahui, beberapa negara menerapkan kebijakan tegas dan sanksi bagi warganya yang masih keluar rumah di tengah wabah corona. Misalnya, di Prancis yang telah memberi hukuman denda terhadap 4000 orang karena melanggar perintah tinggal di rumah pada hari pertama lockdown.

Sementara Korea Utara bahkan mengancam akan menembak warga Cina yang masuk ke wilayahnya. Dua negara memang saling berbatasan, sehingga Korut pun menerapkan ancaman tindakan tegas tersebut.

Selain itu, sejumlah negara tetangga di kawasan Asia Tenggara pun memberlakukan lockdown wilayah untuk menekan penularan corona yakni Malaysia, Singapura, dan Fiiipina. (ant)