Rapid Tes Antigen

Kastara.ID, Depok – Sebanyak 60 warga di RW 10 Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari menjalani rapid test antigen. Pemeriksaan yang diinisiasi oleh pengurus Kampung Siaga Tangguh Jaya (KSTJ) Covid-19 RW 10 tersebut guna mendeteksi warga yang terpapar Covid-19.

“Dari 60 orang yang diperiksa, 58 dinyatakan negatif dan dua orang positif,” ujar Ketua KSTJ RW 10 Pontir, Nasiron, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (22/6).

Dijelaskannya, untuk warga yang menunjukkan hasil positif sudah data oleh Puskesmas Bojongsari. Selanjutnya akan dilakukan Swab PCR.

“Kegiatan ini bekerja sama dengan aparatur Kelurahan, Tiga Pilar dan Puskesmas Bojongsari. Kami bersama Polsek Sawangan, juga akan melaksanakan tracing di wilayah RW 10 yang menjadi batas wilayah antara Kota Depok dan Tangerang Selatan (Tangsel),” jelasnya.

Sementara Lurah Pontir Rijal Farhan meminta kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan melalui 5M dan 2I yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilisasi dan interaksi, serta menjaga iman dan imun.

Selain itu, Rijal Farhan juga meminta masyarakat menyampaikan secara jujur kepada ketua RT ataupun RW jika memiliki gejala Covid-19. Dengan begitu, dapat diberikan langkah-langkah penanganan lebih lanjut.

“Dibutuhkan peran serta kesadaran masyarakat untuk patuh mengikuti anjuran dan himbauan pemerintah agar bisa memutus penyebaran virus ini,” tutupnya. (dha)