Benyamin Sueb

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Beky Mardani, mengaku bangga dengan ditampilkannya sosok seniman besar Betawi, Benyamin Sueb, dalam tema Google Doodle edisi Selasa (22/9).

“Kami sangat bersyukur karena hari ini Google doodle menampilkan tema seniman besar asal Betawi, Benyamin Sueb. Ikon budaya betawi yang tampil ondel-ondel dalam platform google juga menjadi mendunia,” ujar Beky Mardani (22/9).

Ia mengungkapkan, Benyamin Sueb merupakan seniman serba bisa untuk peran aktor, penyanyi, komedian, dan pencipta lagu yang dikenal bukan hanya di Jakarta, tapi nasional bahkan intenasional.

“Lagu lagu ciptaan Benyamin Sueb yang sederhana namun tetap populer hingga saat ini. Dengan ditampilkan Benyamin Sueb di laman Google Doodle, nama almarhum semakin terkenal di generasi milenial,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kiprah Benyamin Sueb dalam pelestarian dan pengembangan budaya Betawi juga sangat besar. Salah satunya mencetuskan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) saat aktif mengikuti pralokakarya kebudayaan Betawi, pada 1976.

“Bahkan Benyamin hingga akhir hayatnya menjabat sebagai Ketum LKB. Taman Benyamin Sueb yang dibangun Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi seni budaya Betawi,” tandasnya. (hop)