Vaksin Sinovac

Kastara.ID, Jakarta – Vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech Ltd, Coronavac dikabarkan terbukti efektif menghadapi virus corona. Hal ini berdasarkan hasil uji coba tahap akhir yang dilakukan di Brasil. Selain di Brasil vaksin buatan Sinovac juga tengah di uji coba di Turki dan Indonesia.

Dikutip dari Reuters (22/12), disebutkan hasil uji coba di Institut Butantan, Sao Paulo, Brasil menempatkan vaksin Coronavac berada di ambang batas 50 persen, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh para ilmuwan internasional. Ambang batas itu perlu demi melindungi kesehatan dan keselamatan manusia.

Dikutip dari Wall Street Journal melaporkan pada Rabu (23/12) waktu setempat, Institut Butantan bakal mengumumkan hasil uji coba dan tingkat kemanjuran vaksi Covid-19 buatan Sinovac.

Namun pihak Sinovac Biotech Ltd belum memberikan tanggapan atas hasil uji coba di Brasil tersebut. Meski demikian, pihak Kementerian Kesehatan Brasil menegaskan vaksin Sinovac bisa digunakan pada pertengahan Februari 2021 mendatang.

Sementara sejumlah ilmuwan berharap vaksin Sinovac bisa membuktikan kemanjurannya. Setidaknya bisa sebanding dengan vaksi Covid-19 buatan Pfizer BioNTech atau Moderna. Pasalnya kedua perusahaan tersebut sudah membuktikan kemanjuran vaksin buatannya.

Domingos Alves, profesor di Sekolah Kedokteran Ribeirao, Sao Paulo, Brasil, berharap tingkat kemajuran vaksin Sinovac bisa di atas 90 persen. Domingos Alves mengaku sudah mengkhususkan dirinya menganalisis data kesehatan. Menurutnya, hasil dari uji coba tahap pertama menunjukkan hasil yang sangat bagus.

Sementara pemerintah Singapura telah mengumumkan telah mengimpor vaksin Covid-19 buatan Pfizer BioNTech. Dilansir Channel News Asia, Selasa (22/12), pesawat kargo Singapore Airlines telah mendarat di Bandara Changi dari Brussels, Belgia, Senin (21/12), pukul 19.36 waktu setempat. Namun tidak disebutkan berapa jumlah vaksin yang telah didatangkan. Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung secara langsung menerima kedatangan vaksin tersebut dan nantinya bakal segera didistribusikan. (har)