“Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin dan puncak perayaan pergantian tahun di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia dengan menampilkan artis-artis ibukota. Harapannya, seluruh warga yang ada di Jakarta bisa menghabiskan malam tahun baru dengan penuh sukacita,“ ujar Andhika di Ganara Art, lantai 6 Plaza Indonesia dalam Siaran Pers PPID DKI Jakarta (22/12).

Lebih lanjut, Andhika mengatakan, dengan mengusung konsep car free night, warga akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan 10 IP-Based Character Jakarta, yaitu Maskot Jakarta-JeKaTe, Fun Cican, Our Happiness, Cute Monster, Si Juki, Si Unyil, Sayuti Koboi Betawi, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatot Kaca.

Selain itu, penampilan beragam genre musik, pertunjukan humanoid (manusia patung), serta ragam kegiatan kesenian lainnya juga akan dihadirkan di lokasi panggung hiburan di beberapa titik. Berbagai sinergi dengan para stakeholder turut dilakukan, seperti Cityvision, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, antisipasi kegawatdaruratan akan disiapkan seperti penyediaan mobil ambulans, posko pelayanan kesehatan, petugas medis di titik-titik lokasi panggung hiburan, serta koordinasi kesiapan ambulans di RSUD terdekat.

“Kami siapkan 88 petugas medis, 16 unit ambulans mobil, 15 unit ambulans motor, dan 2 unit ambulans sepeda, serta layanan kesehatan keliling menggunakan skuter untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi warga dan mengantisipasi apabila terjadi kegawatdaruratan,” ujar Ani.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, pihaknya akan menyediakan 42 unit warung listrik yang diisi oleh 84 UMKM pada gelaran bazar.

“Pengujian keamanan pangan pada produk makanan UMKM juga akan kami lakukan untuk memastikan makanan yang dijual aman dikonsumsi dan bebas dari bahan berbahaya,” imbuh Ratu.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para stakeholder terkait untuk mendukung kesuksesan acara perayaan malam tahun baru.

Ia mengatakan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 31 Desember ditiadakan dan digantikan dengan Jakarta Car Free Night dengan penutupan jalan secara bertahap.

“Kami sudah menyiapkan 24 titik lokasi parkir yang tersebar di sepanjang area kegiatan. Jalan yang ditutup mulai dari Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Senayan. Namun untuk menyukseskan acara ini, semua akses yang akan menuju ke jalan tersebut akan ditutup dan bersifat situasional,” ujar Syafrin.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Heri Purnama mengatakan, terdapat 1.270 personel gabungan Satpol PP DKI Jakarta disiagakan di 11 lokasi panggung hiburan, 53 titik sepanjang Jl. Sudirman-Thamrin, dan lima wilayah tingkat Kota. Hal itu ditujukan untuk mengantisipasi gangguan pelanggaran ketenteraman dan ketertiban umum, pengamanan acara di sekitar panggung, serta membantu penyekatan atau pengaturan kendaraan bermotor.

“Tak hanya itu, kami juga menurunkan personel untuk mengamankan pelaksanaan malam tahun baru di tiap-tiap kota administrasi. Sebanyak 52 posko pengaduan kami hadirkan untuk memudahkan warga melakukan pelaporan jika terjadi gangguan pelanggaran atau ketertiban umum saat acara berlangsung,” ujar Heri.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia, Mualim Wijaya mengatakan, pihaknya telah menginformasikan kepada anggota hotel yang berlokasi di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk berpartisipasi membuka sidewalk cafe di selasar depan yang berbatasan dengan jalan raya. Potongan harga menginap di beberapa hotel dan midnight sale di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta juga dihadirkan untuk semakin memeriahkan perayaan malam tahun baru 2024.

“Midnight sale dihadirkan di beberapa di pusat perbelanjaan seperti Plaza Senayan, Season City, Lippo Plaza Kramat Jati, Central Park Mall, Neo Soho Mall, dan Grand Indonesia. Ini semua dihadirkan agar warga merayakan momen malam tahun baru di Jakarta dengan sukacita,” ujar Mualim.

Warga Jakarta juga dapat merayakan malam pergantian tahun di beberapa lokasi destinasi wisata unggulan, seperti Taman Mini Indonesia Indah, Kawasan Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, dan Pantai Indah Kapuk. Adapun lokasi acara ‘Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global’ yang diselenggarakan di tingkat kota/kabupaten yaitu:

• Kota Jakarta Pusat di Bundaran HI;
• Kota Jakarta Utara di Halaman Wali Kota Jakarta Utara;
• Kota Jakarta Barat di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat;
• Kota Jakarta Selatan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan;
• Kota Jakarta Timur di Old Shanghai, Cakung; dan
• Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa. (hop)