Kastara.ID, Madrid — Pembalap Spanyol, Marc Marquez, telag menghabiskan sebelas musim bersama tim pabrikan Repsol Honda.

Menjadi pembalap bintang dan berada di skuad pabrikan, tentu saja Marquez mendapat fasilitas lengkap di tim utama.

Suasana berbeda pun langsung dirasakannya ketika pindah ke tim satelit Gresini Racing, tim lebih senyap karena tidak terlalu banyak orang dan motor pun terbatas.

“Saya merasa nyaman mengendarai motor sejak momen pertama, itulah sebabnya saya menetapkan waktu yang baik,” ungkap Marquez yang menjadi tercepat keempat di tes Valencia lalu bersama Gresini, sebagaimana dilansir Speedweek.com.

“Begitu saya mendorong, waktu lap datang dengan sendirinya. Namun di sini, di Valencia, saya selalu sangat cepat. Jadi saya sekarang penasaran untuk melihat bagaimana perilaku motor pada trek yang seharusnya saya alami kesulitan. Di situlah level kami akan terlihat,” jelas Marquez.

Setelah sebelas tahun menjadi pebalap pabrikan di Honda, Marquez kini mendapati dirinya berada dalam situasi asing di tim satelit Gresini Ducati.

“Itu normal bagi saya untuk mendapat empat motor di garasi selama tes (ketika di tim pabrikan). Kali ini (di tim satelit) hanya ada satu motor di sana, itulah sebabnya suasananya jauh lebih senyap. Jadi saya melakukan pendekatan dengan santai dan selangkah demi selangkah,” papar Marquez soal perbedaan tim pabrikan dan satelit.

“Dengan Ducati Anda harus melakukan pendekatan lap yang berbeda. Cara Anda menikung juga sangat berbeda. Honda juga mempunyai kelebihan di beberapa area tikungan. Tapi saya tidak bisa lagi menggunakan kekuatan ini, itulah sebabnya saya harus berubah. Yang terpenting, saya harus belajar bagaimana menggunakan tenaga tambahan dan cengkeraman yang lebih baik untuk keuntungan saya saat keluar dari tikungan,” tandas Marquez.

Tes berikutnya akan berlangsung pada awal Februari mendatang di Sirkuit Sepang, Malaysia. (tra)