MotoGP 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – Soal kapan pembalap Repsol Honda Marc Marquez bisa balapan lagi, pada dasarnya masih belum diketahui.

Namun ada pertanyaan lain yang tak kalah penting, yakni apakah Marquez sanggup menjadi Marquez seperti dulu sebelum cedera, yang mendominasi dengan kekuatan balap tanpa tanding?

Cedera berkepanjangan yang dialami Marquez sampai saat ini menbuatnya tak bisa menyentuh motor, yang sudah berlangsung sepuluh bulan lamanya, sudah tiga kali operasi dalam usaha untuk memulihkan humerus yang patah.

Karena Marquez masih sangat ingin kembali ke lintasan, sampai sekarang ia masih berusaha keras untuk sembuh, tapi bagaimana kondisinya setelah sembuh nanti, sembuh dari cedera atau sembuh dan bisa balapan lagi, atau hanya sembuh biasa tanpa bisa berkendara lagi?

Namun kali ini manajer tim Repsol Honda Alberto Puig memberikan jawaban saat presentasi tim Repsol Honda (22/2).

“Saya rasa setiap pembalap memiliki waktu dalam hidup mereka ketika mereka dihadapkan dengan cedera besar. Marquez mengalami cedera besar tahun lalu -itu bukan cedera besar sebenarnya, tapi lebih kepada cedera berkepanjangan,” ungkap Puig saat presentasi tim, seperti dilansir Speedweek.

“Itu membuatnya jauh dari balapan untuk waktu yang lama, tapi Anda tidak bisa mengubah siapa Anda. Dia seorang juara sejati dan pembalap yang sangat dewasa,” imbuh Puig.

Memang belum ada kejelasan kapan Marquez bisa kembali, tapi diyakini Marquez akan menjadi seperti biasanya

“Saya tidak punya jawaban yang jelas untuk pertanyaan itu. Satu-satunya hal yang saya tahu adalah dia akan menemukan cara untuk tetap menjadi Marquez seperti biasanya. Dia hanya bisa melakukannya sendiri. Tentu saja tim akan membantunya, kami akan mendukungnya 100 persen seperti biasa.

Tapi apa yang kita harapkan, apa yang kita pikirkan, tidak semuanya. Yang penting adalah apa yang dia harapkan dari dirinya sendiri dan apa yang menurutnya harus dia lakukan untuk menemukan jalan kembali ke potensi penuhnya, seperti yang dia lakukan sebelum cedera,” jelas Puig.

Saat presentasi tim, Marquez diketahui menggunakan peran pengganti saat mendorong, naik, dan berpose di atas motor. (tra)