Kastara.ID, Depok – Dana bantuan sosial tunai (BST) dari pemerintah pusat untuk warga Depok sudah dicairkan dan saat ini dalam proses penyaluran kepada penerima bantuan yang kebanyakan para lansia.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok Usman Haliyana mengatakan, dana BST telah dicairkan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) sejak satu minggu lalu. “Kebetulan dana BST untuk yang bulan Mei dan Juni yang sempat tertunda sudah turun semenjak seminggu lalu,” ujarnya.

Sementara untuk besaran dana BST selama dua bulan (Mei-Juni) sebesar Rp.600.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Jumlah tersebut sudah merupakan akumulasi BST untuk dua bulan (Mei-Juni), sebab per bulannya senilai Rp 300.000 per KPM,” ungkapnya.

Untuk wilayah Depok di Rt 01/02 di Jalan Perikanan 3, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, ditempatkan di rumah Rukun Tetangga (RT) Iwan (57) dengan 33 KK sudah menunggu mengambil uang sebesar 600,000 ribu rupiah.

Dalam suasana kekeluargaan warga mengantre dengan sabar untuk menerima dana yang mereka tunggu selama dua bulan dibayar tunai,” ujar Wani (56).

“Alhamdulilah akhirnya dapat juga uang yang kita tunggu-tunggu di masa pandemi  apalagi sekarang berlaku PPKM oleh Pemerintah Kota Depok, makin susah aja nyari duit,” kata Wani.

Sementara ketua RT mengimbau kepada warganya agar mempergunakan uangnya dengan sebaik-baiknya. “Uang yang didapat ya pintar-pintar kita aja dalam pengeluaran,” tandasnya. (*)