Depok

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Puskesmas Cimanggis memberikan vitamin A untuk 1.551 balita di Kelurahan Curug. Ribuan balita tersebut terdiri dari usia 6-59 bulan yang menjadi sasaran puskesmas pada pelaksanaan Bulan Vitamin A di Agustus ini.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herlina mengatakan, balita menerima vitamin A melalui Posyandu setempat. Pemberiannya langsung dilakukan oleh para kader di Posyandu.

“Melalui Posyandu dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes),” katanya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (28/3).

Lina melanjutkan, pemberian vitamin A juga dilakukan secara door to door dengan mendatangi rumah warga yang memiliki balita. Dalam pelaksanaannya juga tetap menjalankan prokes dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Dikatakannya, pemberian vitamin A disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia enam hingga 11 bulan diberikan vitamin A dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

“Vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab, vitamin ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sellimfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh,” tambahnya.

Ia pun berharap pemberian vitamin A dapat berjalan optimal di wilayahnya. Selain juga tepat sasaran. “Tentu dengan dukungan dari masyarakat dan stakeholder terkait di wilayah,” tutupnya. (dha)