Samarinda

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di SMPN 22 Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (24/8).

Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Seketika tiba beliau langsung meninjau berbagai prosedur penyelenggaraan vaksinasi yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Di saat yang sama, beliau juga menyapa berbagai tempat vaksinasi yang berada di 9 kota atau kabupaten yang berada di Kaltim. Karena pada saat itu, Kaltim akan melakukan vaksinasi terhadap 24.000 vaksinasi terhadap berbagai kelompok usia dalam beberapa waktu ke depan.

“Pagi hari ini saya melihat vaksinasi di Kota Samarinda dan juga pada 9 kabupaten dan kota di Kaltim yang juga melakukan vaksinasi secara bersamaan ini,” ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual yang ditayangkan Sekretariat Presiden (Setpres).

Menurut dia, vaksinasi yang dilakukan saat ini merupakan upaya yang paling ampuh saat ini dalam menghadapi wabah global COVID-19. Dengan begitu, pemerintah dapat segera melakukan pengendalian terhadap penyebaran virus ini di pelosok tanah air.

Adanya vaksinasi, akan membuat kekebalan kelompok atau herd immunity segera terwujud dalam waktu dekat. Dampaknya, penyebaran wabah global itu dapat segera dibatasi melalui terwujudnya hal itu.

“Vaksin kita harapkan semuanya berjalan lancar dan dan segera terbangun kekebalan komunal di seluruh provinsi,” imbuhnya.

Presiden berharap, pentingnya vaksinasi itu dapat membuat seluruh pemangku kepentingan bergerak cepat dalam melakukan vaksinasi. Semakin cepat hal itu dilakukan, maka terjadinya herd immunity akan semakin cepat terwujud.

“Kecepatan dalam program vaksinasi ini diperlukan, dengan harapan penyebaran COVID-19 menjadi berkurang,” pungkasnya. (ant)