Headline

Terkena Sanksi, dr Terawan Ditolak IDI Jadi Menkes

Kastara.ID. Jakarta – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dikabarkan keberatan dengan penunjukan mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto dr Terawan Agus Putranto Sp.Rad (K) menjadi Menteri Kesehatan (Menkes). Hal ini diketahui setelah surat penolakan IDI beredar di kalangan awak media.

Dalam surat penolakan tersebut IDI mengaku keberatan lantaran dr Terawan sedang terkena sanksi akibat melakukan pelanggaran etik kedokteran. Sanksi tersebut sesui hasil Keputusan Majelis Etik Kedokteran PB IDI No. 009320/PB/MKEK-Keputusan/02/2018 yang dikeluarkan pada 12 Februari 2018. IDI menyatakan tetap menghormati keputusan presiden yang memilih jenderal bintang dua (Mayjen) itu menjadi Menteri Kesehatan. Namun IDI berharap agar surat tersebut dipertimbangkan.

Ketua Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) IDI dr Broto Wasisto, DTM&H, MPH, membenarkan isi surat tersebut. Namun saat berbicara di kantor IDI, Jakarta, kemarin (23/10), dr Broto enggan berkomentar lebih jauh. Ia berdalih tengah menunggu kelengkapan pengurus MKEK dan IDI sebelum memberikan penjelasan.

Sementara itu dr Terawan mengaku tidak mempermasalahkan adanya penolakan dari IDI. Menurutnya, menteri adalah jabatan politis sehingga wajar jika ada yang keberatan. Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta ini menegaskan sebagai dokter akan selalu berusaha menolong pasien.

Sebelumnya diketahui dr Terawan pernah mendapat sanksi dari IDI. Hal ini terkait dengan metode terapi ‘cuci otak’ yang digunakannya dalam mengobati penderita stroke. (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…