Kastara.Id,Depok – Walikota Depok KH Muhammad Idris bersama Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono melepas peserta Pawai Ta’aruf dalam rangkaian pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIII tingkat Kota Depok tahun 2023. Diikuti 2.500 peserta, rangkaian pawai dimulai dari Gedung Pramuka dan finis di Alun-Alun Kota Depok yang ada di Kawasan Grand Depok City (GDC).  Selasa (24/10).

Ribuan peserta mengikuti Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIII. Titik awal star keberangkatan pawai ta’aruf tersebut di mulai dari depan Kantor Pramuka di sepanjang jalan raya GDC berakhir di depan Aula serba guna alun alun GDC Cilodong Kota Depok.

Hadir di panggung kehormatan,  Bunda Elly Farida, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, Sekda Kota Depok, H. Supian Suri, Forkopimda, Ketua DPRD Kota Depok M. Yusufsyahputra, Kemenag Kota Depok, Ketua LPTQ Kota Depok R. Gandara Budiana, para asisten, para OPD, Camat dan Lurah, serta peserta dari 11 Kecamatan.

Imam sebelum melepas peserta mengatakan, “Al-Qur’an merupakan mukjizat dari Allah SWT kepada Rasulullah. Kita sebagai umatnya harus bisa membaca dan mengamalkannya,”.

Para peserta dari tiap-tiap kecamatan sangat antusias dan meriah mengikuti kegiatan ini.  Berbagai element yang ada di kelurahan dan kecamatan ikut meramaikan pawai mulai dari organisasi kepemudaan seperti pencak silat dan karang taruna hingga guru-guru dan komunitas yang ada di wilayah.

Ribuan kafilah dari 11 Kecamatan memadati Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) untuk mengikuti pawai ta’aruf dalam rangkaian acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIII tingkat Kota tahun 2023. Tahun ini Kecamatan Cilodong menjadi tuan rumah untuk kegiatan yang berlangsung mulai 24 hingga 26 Oktober tersebut.

“Total ada 2.500 peserta yang ikut dalam pawai taaruf. Mereka berjalan dari Gedung Kwartir Cabang Pramuka Depok hingga panggung kehormatan yang terletak di depan Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) sejauh 1,2 kilometer,” ucap Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Depok, R. Gandara Budiana di Alun-alun Kota Depok.

Masih kata Gandara,Pawai ta’aruf dimeriahkan dengan berbagai macam tema dari masing-masing kecamatan dengan menyuguhkan kesenian dan budaya. Seperti Pencak Silat, Palang Pintu, Rampak Bedug, marawis, hadroh maupun marching band. “Drumband dari Yonif Para Raider 328 Kostrad juga turut memeriahkan acara pawai ta’aruf kali ini,”.

Gandara menambahkan,Beberapa kecamatan juga menghadirkan mobil yang dihias menjadi berbagai macam bentuk. Ada yang yang membuat replika masjid hingga replika Al-Quran raksasa.  “Tiap-tiap kelurahan menampilkan yang terbaik,”.

Camat Cinere, Mursalim mengatakan, menurunkan sekitar 300 orang dari wilayahnya ikut memeriahkan pawai taaruf. Pihaknya membawa mobil yang sudah dihias menjadi masjid dan menampilkan bela diri silat didepan panggung kehormatan. Kemudian, seluruh unsur masyarakat dan stakeholder turut hadir dalam rombongan Kecamatan Cinere. Mulai dari ketua lingkungan, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kader PKK, Karang Taruna maupun lembaga keagamaan.

“Untuk kafilah Cinere yang akan  berjuang pada MTQ 2023 ini sebanyak 40 kafilah untuk mengikuti tujuh cabang lomba. Semoga bisa memberikan yang terbaik dan mendapatkan hasil maksimal,” tutupnya.