Beranda Headline Berita Semua Rapat Pemprov DKI Jakarta Dibatalkan Karena Banjir

Semua Rapat Pemprov DKI Jakarta Dibatalkan Karena Banjir

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatalkan semua rapat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan dikerahkan untuk menangani banjir pada Selasa (25/2).

“Konsentrasi kami penanganan banjir di masyarakat. Semua kegiatan rapat batal, semua ke lapangan,” kata Anies seperti disiarkan CNN Indonesia TV.

Anies mengklaim sejak dini hari, jajaran Pemprov DKI turun ke lapangan untuk membantu evakuasi daerah terdampak banjir. Selain itu, dinas terkait juga dikerahkan untuk membangun pos pengungsian dan kesehatan serta memasok kebutuhan pokok masyarakat.

Selain itu, Anies telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk turun tangan membantu penanganan banjir. Dalam sebuah pesan yang ditujukan ke seluruh jajaran Pemprov DKI, Anies menuliskan sembilan poin.

Pertama, Pemprov diminta menyiapkan evakuasi warga terdampak dan memastikan tempat pengungsian. Kedua, jajaran Pemprov diminta menyiapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.

Ketiga, jajaran Pemprov diminta memastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan, dari bahaya listrik, pohon tumbang. Keempat, bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan, amankan transportasi publik.

Kelima, jajaran Pemprov diminta memastikan warga dan publik mendapat informasi terbaru yang valid secara terus-menerus. Keenam, jajaran Pemprov diminta tidak mengunggah foto-foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya. Grup digunakan hanya untuk komunikasi penting dan mendesak.

Ketujuh, khusus hari ini: tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dengan wali kota/wilayah terdampak.

Kedelapan, Wali Kota diminta memimpin dan koordinasi seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya, mengarahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak.

Kesembilan, seperti biasa, jajaran Pemprov diminta tetap memastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam membuat sejumlah titik di Ibukota terendam banjir. Ratusan rumah di Tebet dan Pancoran, Jakarta Selatan, ikut terendam banjir. Ketinggian air yang merendam rumah warga berkisar 0,5-2,5 meter. Sebanyak 115 orang warga mengungsi karena rumah mereka terendam. (hop)

- Advertisement -

TERBARU

Pelanggan PLN Bisa Akses Layanan Whatsapp Listrik Gratis Mulai 6 April

Kastara.ID, Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyampaikan, layanan aplikasi pengirim pesan Whatsapp untuk pembebasan dan pengurangan tarif listrik dapat digunakan masyarakat mulai 6...