Waduk Kesatuan Jagakarsa

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin melakukan penanaman delapan pohon sawo dan alpukat serta menebar 10 ribu benih ikan di embung atau Waduk Kesatuan, Srengseng Sawah, Jagakarsa. Penataan Waduk Kesatuan dikerjakan dengan kolaborasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menyampaikan terima kasih atas kerja kolaborasi bersama antar OPD yang turut serta dalam penataan waduk.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Sudin Sumber Daya Air Jakarta Selatan dan anggota PPSU Kelurahan yang sudah bekerja keras menata areal Waduk Kesatuan yang saat ini sudah enak terlihat,” ujar Munjirin, Jumat (25/2).

Ia juga berharap sarana dan prasarana pendukung lain di Waduk Kesatuan dilengkapi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana bermain, rekreasi, dan olahraga bagi warga setempat.

“Saya minta lurah dan camat melibatkan warga sekitar untuk pemeliharaan. Jadi merasa memiliki dan merawat itu wajib,” katanya.

Menurutnya, puluhan ribu benih ikan yang telah ditabur di Waduk Kesatuan dapat membantu peningkatan asupan gizi warga sekitar.

“Dalam kurun beberapa bulan ke depan, ikan yang ditabur sudah dapat dirasakan manfaatnya. Tapi, kami minta warga tidak menangkap ikan menggunakan jaring, tapi cukup alat pancing,” pintanya.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan Mustajab menambahkan, penataan waduk seluas 8.000 meter persegi yang diawali dengan pengurasan dan penguatan dinding turap yang telah rampung sejak tahun 2021.

“Penataan di sekeliling bantaran Waduk Kesatuan dimulai sejak sebulan terakhir yakni pembuatan jalan untuk jogging, menanam pohon di sekeliling areal dan pembuatan sarana bermain anak-anak,” tandasnya. (hop)