Kastara.Id,Depok – Kasno salah satu warga  penghuni perumahan memotori ,Hari Peduli Sampah Nasional 2024 warga di Perumahan Grand Depok City New Anggrek 2 Kelurahan Sukmajaya  Kecamatan Sukmjaya Kota Depok dengan kompak seluruh warga melakukan aksi bersih-bersih dilingkungan nya.

Kasno kepada wartawan mengatakan dalam rangka mendukung HPSN 2024 warga mengadakan kerja bakti  massal yang melibatkan warga sekitarnya untuk membersihkan sampah yang sekitarnya.

“Dimana aktivitas akhir pekan warga di dengan kegiatan kerja bakti membersihkan sampah yang ada di lingkungan,”katanya.

Kasno mengatakan,Kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, serta harapannya dapat memberikan contoh kepada masyarakat sekitar tempat kegiatan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar mereka.

Dalam kegiatan ini warga berkolaborasi atau bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan  melakukan pengolahan dari sampah yang dihasilkan.Ucap Kasno.

“Sampah berasal dari kerjabakti kita tidak buang melainkan diolah, dipilih baik organik dan non organik,”katanya.

Masih kata Kasno,Konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang, melainkan sampah.

Sehingga warga langsung mendapatkan  manfaat yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

Kasno menjelaskan ,Dengan pola ini  warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan di RT 06 bank sampah yang ada RW 10 Kelurahan Sukmajaya Kota Depok ini.

“Kasno berharap, kegiatan ini semakin membuka kesadaran warganya terkait pengelolaan sampah yang baik dan benar. Sehingga lingkungan sekitar pemukiman khususnya menjadi lebih bersih dan sehat.tutupnya.