Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak warga untuk mewaspadai bahaya penyakit tuberkulosis (TB). Pasalnya, penyakit menular ini merupakan satu dari sepuluh penyebab kematian di dunia.

“TBC merupakan penyakit menular  yang bisa menyebar kepada siapa saja, tanpa terkecuali. Di dunia kesehatan, infeksi penyakit TB masih menjadi masalah global atau nasional,” kata Kepala Dinkes Kota Depok Novarita, saat temui di ruang kerjanya, Senin (25/3).

Terkait peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) yang jatuh pada tanggal 24 Maret, Novarita mengatakan, pengobatan TB atau yang sering disebut flek paru ini tidak mudah dan murah, karena proses penyembuhannya juga bersifat jangka panjang.

TB
TB

Jika penderita tidak ditangani secara tuntas bisa mengakibatkan kebal terhadap TB dan menyebarkan penularan kepada orang lain melalui udara dengan cepat.

“Harus ada kesadaran masyarakat Depok agar bisa terhindar dari penyakit ini. Yaitu dengan menggunakan masker apabila sedang batuk atau influenza, rajin mencuci tangan sebelum beraktivitas,” ujar Novarita.

“Saatnya Indonesia bebas TB mulai dari diri kita sendiri. Yaitu kesadaran kita untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta berkontribusi aktif dalam menyosialisasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya. (*)