MT Balwan

Kastara.ID, Depok – Menjelang Ramadan, pengajian rutin Majelis Taklim (MT) Balwan kembali digelar. Kesempatan tersebut juga dijadikan momentum untuk saling mengingatkan dan berlomba-lomba dalam kebaikan.

Ketua Baznas Kota Depok Encep Hidayat melalui ceramah agamanya menyampaikan, bahwa umat Islam dalam waktu dekat akan kedatangan tamu agung, yaitu Ramadan. Bulan yang selalu ditunggu dan dirindukan umat Islam. Ramadan bulan di mana dibukakannya pintu surga dan tertutupnya pintu neraka.

“Ramadan merupakan tamu yang sangat agung. Ketika Ramadan datang, maka satu bulan penuh dilimpahkan keberkahan dan kebaikan bagi umat Islam yang menjalankan perintah Allah SWT, berpuasa sebulan penuh. Untuk itu, mari kita berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah selama bulan Ramadan,” ujarnya, saat kegiatan pengajian MT Balwan, kemarin (24/03/22).

Dirinya juga mengajak para jemaah MT Balwan Kota Depok untuk mensyiarkan berzakat bagi masyarakat. Encep mengatakan, zakat merupakan salah satu kesempurnaan menjalani ibadah puasa selama satu bulan. Wajib bagi yang mampu untuk berzakat di penghujung Ramadan.

“Sebagai awak media, sampaikanlah isi pemberitaan atau informasi yang benar, sesungguhnya dengan menyampaikan hal yang benar akan mendapatkan pahala. Namun sebaliknya, apabila salah penyampaiannya akan mendapat dosa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MT Balwan Kota Depok, Adie Rakasiwi mengatakan, di bulan Ramadan kegiatan pengajian bulanan tetap berjalan seperti biasa, bahkan pihaknya akan mengadakan kegiatan buka puasa bersama.

“Insya Allah pengajian bulanan tetap berjalan seperti biasanya, karena di bulan puasa ngajinya. Jadi, sekalian buka puasa bersama,” ucapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto yang saat itu juga hadir mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan pengajian yang sampai saat ini konsisten diadakan oleh MT. Balwan.

“Alhamdulillah, dengan adanya MT Balwan Kota Depok ini, kita semua dapat menjalankan hablum minannas dengan menjaga hubungan baik sesama manusia maupun sesama profesi sebagai wartawan sesuai tuntunan Al-Quran,” tutupnya. (dha)