Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyampaikan salah satu hikmah puasa Ramadan kepada jemaah Tarawih Masjid Al Istiqomah, Kecamatan Beji (24/4), yaitu melalui puasa Ramadan dapat menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

Menurut Imam, dengan puasa Ramadan, Allah telah memberikan pelajaran luar biasa kepada umat Islam. Sebab, dengan berpuasa dapat menumbuhkan rasa empati kepada masyarakat, khususnya yang kurang mampu.

“Islam tidak hanya mengajarkan rasa kasihan terhadap masyarakat yang kurang mampu, tapi kita juga diminta untuk merasakannya kekurangan makan dan minum,” tuturnya kepada yang dimuat situs resmi Pemkot Depok (24/4).

Ia menjelaskan, setelah menahan lapar seharian, orang yang kekurangan mungkin saja masih belum dapat berbuka karena tidak ada yang dimakan. Saat ini, banyak masyakarat yang menyediakan makan untuk berbuka puasa, namun bagaimana setelah Ramadan.

Setelah umat Islam diajak merasakan kekurangan makan dan minum, Allah menghadirkan kepada rasa untuk membantu sesama.

“Salah satu rukun Islam yaitu zakat. Melalui zakat kita juga diajarkan untuk saling membantu sesama khususnya kepada fakir miskin. Harta yang kita miliki merupakan bagian dari rezeki mereka,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Imam juga mengajak kepada jemaah tarawih untuk memanfaatkan waktu secara baik. Mengingat, saat ini sudah memasuki malam ke-23 Ramadan atau 10 terakhir bulan Ramadan.

Dikatakannya, dengan mengutip Alquran Surat Alashr Ayat 1-3. Yang artinya, Demi masa. Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

“Saat ini kita sudah mulai memasuki malam ke-23. Tak terasa memang, demikianlah waktu adanya. Untuk itu, sebaiknya kita memanfaatkan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya. Diisi dengan ibadah dan hal yang positif agar tidak menjadi orang yang merugi,” pungkasnya. (dha)