Saluran PHB Kebun Raya

Kastara.ID, Jakarta – Program penanggulangan banjir di Jakarta Barat terus digencarkan. Salah satunya dengan pengerukan saluran penghubung, waduk maupun sungai untuk menambah daya tampung maupun volume air.

Saat ini salah satu kegiatan pengerukan saluran penghubung (PHB) yang tengah dikerjakan yakni pengerukan saluran PHB Kebun Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Kebon Jeruk, Suprapto mengatakan, pengerukan saluran PHB Kebon Raya sudah dilakukan sejak 5 Juli 2021 dan hingga kini pengerjaannya sudah mencapai 85 persen. Pengerjaan dimulai dari sisi tol Jl Kedoya Raya mengarah ke Jl Duri Kepa hingga Kebun Raya sepanjang 1,2 kilometer.

“Hingga kini pengerukan sudah sepanjang 850 meter persegi atau 85 persen dengan volume lumpur sebanyak 356 meter kubik,” ujar Suprapto (24/8).

Dikatakan Suprapto, pengerjaan menggunakan alat berat telah rampung semua. Saat ini pengerukan tinggal menyisakan sepanjang 350 meter di bagian gorong-gorong dan harus dilakukan secara manual.

“Pengerjaan menyisakan pengerukan di gorong-gorong dari Kebun Raya hingga Pompa Kebun Raya sepanjang 350 meter,” katanya.

Suprapto berharap, dengan pengerukan yang dilakukan dapat menambah daya tampung volume air sehingga genangan atau banjir di kawasan sekitar dapat diminimalisir terutama saat musim hujan. (hop)