Headline

Timbangan Digital bagi 30 Bank Sampah Berprestasi di Jaktim

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur memberikan timbangan digital berkapasitas 500 kilogram kepada 30 pengelola bank sampah berprestasi.

Kasudin LH Jakarta Timur Wahyudi Rudianto menuturkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada 30 pengelola bank sampah tersebut karena telah berprestasi dalam program pengelolaan, pemilahan dan mengurangi volume sampah dari hulunya.

“Kita berikan 30 timbangan digital pada bank sampah berprestasi. Khususnya mereka yang telah berhasil mengurangi sampah non organik,” kata Wahyudi (24/9).

Menurutnya, pemberian apresiasi ini untuk merangsang para pengelola bank sampah agar lebih giat dalam dalam penanganan sampah di hulu, sekaligus memotivasi yang lainnya untuk mengikuti jejak mereka.

Wahyudi mengungkapkan, pihaknya sudah berkolaborasi PT Danone dan PT Unilever untuk menampung sampah non organik yang sudah dipilah dan dikumpulkan pengelola bank sampah.

Setiap bulan, ungkap Wahyudi, PT Danone membeli botol dan gelas air mineral bekas yang dikumpulkan warga dengan harga beli Rp 4000 per kilogram. Barang bekas dari warga yang dijual ke perusahaan tersebut sekitar tiga ton tiap bulan dengan nilai uang sekitar Rp 16 juta.

“Uang hasil penjualan barang bekas ini dikembalikan ke warga melalui transfer rekening bank sampah di tiap RW. Kerja sama dengan perusahaan ini sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu dan ke depan akan terus berlanjut,” pungkasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…