Jakarta Youth Award 2019

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 10 tokoh yang dinilai berhasil memberikan kontribusi sesuai bidang keahliannya terpilih untuk mendapatkan Jakarta Youth Award 2019.

Kesepuluh tokoh tersebut yakni Anggota DPRD DKI Jakarta Purwanto, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi.

Kemudian anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal DKI Jakarta Fahira Idris, Ketua Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia Agung Nugroho, akademisi sekaligus Dosen UAI Ujang Komarudin, Ketua Astrabi Anwar Al Batawi, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Mualana Hakim, dan Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi

Jakarta Youth Award diinisiasi oleh Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemuda Jakarta yang terdiri dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi yakni, Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta, Jakarta Monitoring Network (JMN), Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition), Komunitas Peduli Pendidikan, Masyarakat Pemantau Olahraga Jakarta, Lembaga Pengembangan Peran Serta Masyarakat, serta Jakarta Public Service (JPS).

Ketua Tim Seleksi Jakarta Youth Award 2019 Cecep Sulaiman mengatakan, indikator penilaian meliputi komitmen terhadap profesi yang digeluti, konsisten dalam membangun Jakarta sesuai dengan bidang keahliannya, konsekuen memgang amanah dengan penuh tanggung jawab.

“Kami menggunakan alat ukur meliputi, survei secara langsung dengan warga dan aktivis, review data (jejak digital), serta focus group discussion,” ujarnya, di Gedung KNPI DKI Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (25/10).

Cecep menjelaskan, penyusunan alat ukur dilakukan sejak Juli 2019, proses data pada Agustus-September 2019, olah hasil data 11 Oktober 2019, dan penentuan nominator pada 23 Oktober 2019

“Awalnya ada 65 tokoh yang menjadi usulan, kemudian kita tetapkan 10 tokoh yang berhak menerima Jakarta Youth Award 2019,” terangnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus mengungkapkan, penghargaan ini menjadi pemacu dan pemicu untuk bekerja lebih baik lagi.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan, alhamdulillah, semoga pemuda dan pemudi di Jakarta semakin maju serta berprestasi,” kata Firdaus.

Sementara itu Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi menuturkan, penghargaan ini adalah penyemangat untuk berkontribusi lebih baik lagi bagi masyarakat Jakarta.

“Alhamdulillah, ini menjadi motivasi bagi saya pribadi dan seluruh jajaran di PT FSTJ untuk mengabdi dan bekerja lebih baik lagi,” tandasnya. (hop)